Fasilitas yang ada Pada IAIN Batusangkar
Selain itu Program Studi menyiapkan fasilitas komputerisasi. Untuk meningkatkan wawasan mahasiswa secara mandiri dibidang keilmuan, Program Studi telah menyiapkan ruang referensi yang sangat representatif dan Program Studi selalu menambah dan meng update teksbook, jurnal terbaru, dll.
Fasilitas Information and Communication Technology (ICT) sudah menjadi kebutuhan dasar mahasiswa dalam melakukan akses internet secara mandiri maupun kolektif dalam bimbingan Dosen. Juga bagi mahasiswa yang telah mempunyai laptop dapat melakukan akses internet secara free di gazebo-gazebo yang telah dilengkapi fasilitas hotspot.
Sistem informasi dan fasilitas untuk kegiatan pembelajaran yang tersedia, yaitu:
1. Hardware
IAIN Batusangkar memiliki 150 unit komputer yang ada pada lima labor komputer, tiap labor mempunyai akses internet sehingga semua labor dapat digunakan mahasiswa untuk kegiatan pembelajaran. Dalam rangka menambah kemudahan dalam kegiatan pembelajaran dan akses data untuk dosen, disediakan juga sebanyak 71 unit komputer yang diletakkan pada setiap ruangan dosen IAIN Batusangkar. Kegiatan pembelajaran juga menggunakan lima unit komputer server yang berfungsi mengelola penggunaan komputer yang terdapat pada labor komputer, satu unit komputer server untuk pengelolaan sistem informasi terpadu (e-Campus), satu unit komputer server untuk penyimpanan file bahan perkuliahan (repository), dan satu unit komputer server untuk backup storage data.
Koneksi untuk tiap komputer dalam jaringan lokal (intranet) IAIN Batusangkar antar gedung menggunakan empat unit access point dan tujuh unit untuk titik hotspot yang mencakup seluruh area dalam lingkungan IAIN Batusangkar termasuk ruang kuliah yang dapat membantu dosen terkoneksi dengan sistem informasi terpadu (e-Campus) untuk melakukan absensi perkuliahan secara online , sedangkan untuk jaringan dalam gedung dihubungkan melalui kabel jaringan yang didistribusikan melalui 39 unit hub switch. Menghubungkan jaringan lokal (intranet) IAIN Batusangkar dengan jaringan luas (internet) digunakan empat buah router yang terkoneksi kepada jaringan fiber optik penyedia layanan jasa internet.
Keseluruhan ruangan kuliah sebanyak 134 ruangan yang terdapat pada IAIN Batusangkar, termasuk ruangan kuliah pada Program Studi Hukum Ekonomi Syariah sudah dilengkapi dengan projector yang terpasang permanen, sehingga memudahkan proses pembelajaran.
2. Software dan Aplikasi
Aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran pada Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah IAIN Batusangkar meliputi aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran pada seluruh Program Studi dan aplikasi yang digunakan khusus pada Program Studi tertentu, sedangkan untuk lisensi yang digunakan terdiri dari lisensi berbayar dan gratis. Aplikasi yang dipakai oleh Program Studi, yaitu:
Nama Aplikasi | Jenis Lisensi | Fungsi Aplikasi | Prodi Pengguna |
Zahir Accounting | Gratis untuk pendidikan | Pembelajaran pada bidang ekonomi akuntansi | Hukum Ekonomi Syariah |
Bank mini | Berbayar | Pembelajaran aplikasi lembaga keuangan | Lembaga keuangan Syariah |
Aplikasi Hitung Zakat | Gratis | Pembelajaran perhitungan zakat | Hukum Ekonomi Syariah |
a. e-Learning
Sistem informasi terpadu (e-Campus) IAIN Batusangkar sendiri sudah mengakomodir model pembelajaran e-learning, dimana transaksi belajar mengajar sudah bisa dilakukan secara online seperti bahan perkuliahan, tugas perkuliahan, serta buku untuk bahan ajar yang bisa di-uploaddan di-downloadoleh mahasiswa dan dosen. Untuk dapat menggunakan sistem e-learning pada e-Campus IAIN Batusangkar memang diberi batasan hanya untuk mahasiswa dan dosen yang belajar mengajar pada IAIN Batusangkar, dan dapat diakses pada laman e-campus.iainbatusangkar.ac.id, untuk pihak lainnya disediakan aplikasi e-learningberbasis Content Management System (CMS) Moodle yang dapat diakses pada subdomain e-learning.iainbatusangkar.ac.id.
b. e-Library
Untuk mengelola koleksi perpustakaan IAIN Batusangkar menggunakan aplikasi perpustakaan berbasis web yang dapat diakses pada alamat www.iainbatusangkar.ac.id. yang memberikan akses terhadap seluruh koleksi perpustakaan. Aplikasi berbasis web tersebut merupakan aplikasi Sistem Manajemen Perpustakaan Senayan yang mempuyai lisensi terbuka yang lebih dikenal dengan nama “Senayan Library Management System”(SLiMS). Untuk saat ini IAIN Batusangkar memakai Aplikasi Senayan versi terbaru yaitu versi SliMS 7 dengan kode nama “Cendana”. Untuk panduan penggunaanya dapat diunduh langsung pada website resmi pengembangnya di slims.web.id/download/docs/s7-cendana-doc-id-v.1.pdf.
c. e-Jurnal
Untuk mengakomodir penerbitan jurnal secara online bagi sivitas akademika IAIN Batusangkar maka digunakan aplikasi jurnal online yang dapat diakses pada laman ojs.iainbatusangkar.ac.id.
d. Gudang Data (Repository)
IAIN Batusangkar menyediakan gudang data yang berkapasitas satu tera byte untuk menampung kebutuhan penyimpanan file bahan perkuliahan yang bisa dipergunakan untuk upload dan download oleh dosen dan mahasiswa serta pengguna umum lainnya. Gudang data ini dapat diakses melalui jaringan intranet maupun internet dengan alamat akses rangkiang.iainbatusangkar.ac.id.
Untuk administrasi digunakan program e-campus yang melayani informasi mahasiswa baru, pendaftaran mata kuliah, proses kuliah, penilaian, wisuda, dan hal lain yang berkaitan dengan administrasi perkuliahan.
Dengan Jumlah mahasiswa IAIN Batusangkar 5.287 orang dan jumlah bandwidth internet sebesar 100 Mbps maka setiap mahasiswa akan mendapatkan kuota bandwidth sebesar 19,37 Kbps per mahasiswa. Mahasiswa bisa mengakses website IAIN Batusangkar berikut ini:
Nama sistem informasi | Alamat akses | Keterangan |
Website resmi | Domain utama | |
Email resmi | Email resmi | |
e-Campus | Sistem informasi terpadu | |
Sistem informasi akademik | Subsistem dalam e-Campus | |
Sistem informasi keuangan mahasiswa | Subsistem dalam e-Campus | |
Sistem informasi kepegawaian | Subsistem dalam e-Campus | |
Sistem informasi pengumuman | Subsistem dalam e-Campus | |
Sistem informasi aset | Subsistem dalam e-Campus | |
Sistem informasi wisuda | Subsistem dalam e-Campus | |
Sistem informasi pengumuman internal | Diakses dalam jaringan lokal (intranet) | |
Sistem informasi persuratan | Tata persuratan internal | |
e-survei | Pengukuran tingkat kepuasan | |
e-alumni | Pendataan dan pengelolaan alumni | |
e-pustaka | Pendataan dan pengelolaan koleksi perpustakaan | |
e-jurnal | Pendataan dan publikasi jurnal | |
Sistem informasi penelitian dan pengabdian masyarakat | Pengelolaan informasi penelitian dan pengabdian masyarakat | |
Gudang Data (repository) | Penyimpanan data bahan perkuliahan |
Post a Comment