Fasilitas yang ada Pada IAIN Batusangkar 

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah IAIN Batusangkar menggunakan fasilitas dan sistem informasi berupa website e-learning yang disediakan oleh IAIN Batusangkar melalui sistem informasi e-campus. Dengan e-learningini mahasiswa dan Dosen dapat saling berkomunikasi dan berdiskusi. Melalui sarana ini Dosen dapat melakukan upload bahan ajar dan tugas, sebaliknya mahasiswa dapat mengirim tugas dan jawaban soal yang diberikan oleh Dosen.
Selain itu Program Studi menyiapkan fasilitas  komputerisasi. Untuk meningkatkan wawasan mahasiswa secara mandiri dibidang keilmuan, Program Studi telah menyiapkan ruang referensi yang sangat representatif dan Program Studi selalu menambah dan meng update teksbook, jurnal terbaru, dll.
Fasilitas Information and Communication Technology (ICT) sudah menjadi kebutuhan dasar mahasiswa dalam melakukan akses internet secara mandiri maupun kolektif dalam bimbingan Dosen. Juga bagi mahasiswa yang telah mempunyai laptop dapat melakukan akses internet secara free di gazebo-gazebo yang telah dilengkapi fasilitas hotspot.
Sistem informasi dan fasilitas untuk kegiatan pembelajaran yang tersedia, yaitu:
1.     Hardware
IAIN Batusangkar memiliki 150 unit komputer yang ada pada lima labor komputer, tiap labor mempunyai akses internet sehingga semua labor dapat digunakan mahasiswa untuk kegiatan pembelajaran. Dalam rangka menambah kemudahan dalam kegiatan pembelajaran dan akses data untuk dosen, disediakan juga sebanyak 71 unit komputer yang diletakkan pada setiap ruangan dosen IAIN Batusangkar. Kegiatan pembelajaran juga menggunakan lima unit komputer server yang berfungsi mengelola penggunaan komputer yang terdapat pada labor komputer, satu unit komputer server untuk pengelolaan sistem informasi terpadu (e-Campus), satu unit komputer server  untuk penyimpanan file bahan perkuliahan (repository), dan satu unit komputer server untuk backup storage data.
Koneksi untuk tiap komputer dalam jaringan lokal (intranet) IAIN Batusangkar antar gedung menggunakan empat unit access point dan tujuh  unit untuk titik hotspot yang mencakup seluruh area dalam lingkungan IAIN Batusangkar termasuk ruang kuliah yang dapat membantu dosen terkoneksi dengan sistem informasi terpadu (e-Campus) untuk melakukan absensi perkuliahan secara online , sedangkan untuk jaringan dalam gedung dihubungkan melalui kabel jaringan yang didistribusikan melalui 39 unit hub switch. Menghubungkan jaringan lokal (intranet) IAIN Batusangkar dengan jaringan luas (internet) digunakan empat buah router yang terkoneksi kepada jaringan fiber optik penyedia layanan jasa internet.
Keseluruhan ruangan kuliah sebanyak 134 ruangan yang terdapat pada IAIN Batusangkar, termasuk ruangan kuliah pada Program Studi Hukum Ekonomi Syariah sudah dilengkapi dengan  projector yang terpasang permanen, sehingga memudahkan proses pembelajaran.
2.     Software dan Aplikasi
Aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran pada Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah IAIN Batusangkar meliputi aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran pada seluruh Program Studi dan aplikasi yang digunakan khusus pada Program Studi tertentu, sedangkan untuk lisensi yang digunakan terdiri dari lisensi berbayar dan gratis. Aplikasi yang dipakai oleh Program Studi, yaitu:
Nama Aplikasi
Jenis Lisensi
Fungsi Aplikasi
Prodi Pengguna
Zahir Accounting
Gratis untuk pendidikan
Pembelajaran pada bidang ekonomi akuntansi
Hukum Ekonomi Syariah
Bank mini
Berbayar
Pembelajaran aplikasi lembaga keuangan
Lembaga keuangan Syariah
Aplikasi Hitung Zakat
Gratis
Pembelajaran perhitungan zakat
Hukum Ekonomi Syariah
a.        e-Learning
Sistem informasi terpadu (e-Campus) IAIN Batusangkar sendiri sudah mengakomodir model pembelajaran e-learning, dimana transaksi belajar mengajar sudah bisa dilakukan secara online seperti bahan perkuliahan, tugas perkuliahan, serta buku untuk bahan ajar yang bisa di-uploaddan di-downloadoleh mahasiswa dan dosen. Untuk dapat menggunakan sistem e-learning pada e-Campus IAIN Batusangkar memang diberi batasan hanya untuk mahasiswa dan dosen yang belajar mengajar pada IAIN Batusangkar, dan dapat diakses pada laman e-campus.iainbatusangkar.ac.id, untuk pihak lainnya disediakan aplikasi e-learningberbasis Content Management System (CMS) Moodle yang dapat diakses pada subdomain  e-learning.iainbatusangkar.ac.id.
b.       e-Library
Untuk mengelola koleksi perpustakaan IAIN Batusangkar menggunakan aplikasi perpustakaan berbasis web yang dapat diakses pada alamat www.iainbatusangkar.ac.id. yang memberikan akses terhadap seluruh koleksi perpustakaan. Aplikasi berbasis web tersebut merupakan aplikasi Sistem Manajemen Perpustakaan Senayan yang mempuyai lisensi terbuka yang lebih dikenal dengan nama “Senayan Library Management System”(SLiMS). Untuk saat ini IAIN Batusangkar memakai Aplikasi Senayan versi terbaru yaitu versi SliMS 7 dengan kode nama “Cendana”. Untuk panduan penggunaanya dapat diunduh langsung pada website resmi pengembangnya di slims.web.id/download/docs/s7-cendana-doc-id-v.1.pdf.
c.         e-Jurnal
Untuk mengakomodir penerbitan jurnal secara online bagi sivitas akademika IAIN Batusangkar maka digunakan aplikasi jurnal online yang dapat diakses pada laman ojs.iainbatusangkar.ac.id.
d.        Gudang Data (Repository)
IAIN Batusangkar menyediakan gudang data yang berkapasitas satu tera byte untuk menampung kebutuhan penyimpanan file bahan perkuliahan yang bisa dipergunakan untuk upload dan download oleh dosen dan mahasiswa serta pengguna umum lainnya. Gudang data ini dapat diakses melalui jaringan intranet maupun internet dengan alamat akses rangkiang.iainbatusangkar.ac.id.
Untuk administrasi digunakan program e-campus yang melayani informasi mahasiswa baru, pendaftaran mata kuliah, proses kuliah, penilaian, wisuda, dan hal lain yang berkaitan dengan administrasi perkuliahan.
Dengan Jumlah mahasiswa IAIN Batusangkar 5.287 orang dan jumlah bandwidth internet sebesar 100 Mbps maka setiap mahasiswa akan mendapatkan kuota bandwidth sebesar 19,37 Kbps per mahasiswa. Mahasiswa bisa mengakses website IAIN Batusangkar berikut ini:
Nama sistem informasi
Alamat akses
Keterangan
Website resmi
Domain utama
Email resmi
Email resmi
e-Campus
Sistem informasi terpadu
Sistem informasi akademik
Subsistem dalam e-Campus
Sistem informasi keuangan mahasiswa
Subsistem dalam e-Campus
Sistem informasi kepegawaian
Subsistem dalam e-Campus
Sistem informasi pengumuman
Subsistem dalam e-Campus
Sistem informasi aset
Subsistem dalam e-Campus
Sistem informasi wisuda
Subsistem dalam e-Campus
Sistem informasi pengumuman internal
Diakses dalam jaringan lokal (intranet)
Sistem informasi persuratan
Tata persuratan internal
e-survei
Pengukuran tingkat kepuasan
e-alumni
Pendataan dan pengelolaan alumni
e-pustaka
Pendataan dan pengelolaan koleksi perpustakaan
e-jurnal
Pendataan dan publikasi jurnal
Sistem informasi penelitian dan pengabdian masyarakat
Pengelolaan informasi penelitian dan pengabdian masyarakat
Gudang Data (repository)
Penyimpanan data bahan perkuliahan

Post a Comment

Previous Post Next Post